Tahapan Dan Cara Tukar Tambah Mobil yang Masih Kredit di Leasing

Tahapan Dan Cara Tukar Tambah Mobil yang Masih Kredit di Leasing

Bagi Anda yang memiliki mobil lawas dan mempunyai keinginan untuk mengganti dengan mobil baru, maka saat ini sudah ada metode trade-in atau tukar tambah. Namun jika mobil masih dalam keadaan cicilan, hal tersebut tidak menjadi masalah.

Cara tukar tambah mobil yang masih kredit di leasing yaitu ada dua cara. Jika Anda berniat untuk menukar tambah mobil Anda, simak pembahasan berikut ini:

Advertisements

Cara Aman Tukar Tambah Mobil yang Masih Kredit

Tahapan Dan Cara Tukar Tambah Mobil yang Masih Kredit di Leasing

  • Menjual mobil

Cara yang pertama agar Anda bisa tukar tambah mobil yaitu dengan menjualnya. Untuk kendaraan yang belum lunas dan akan dijual yaitu dinamakan dengan oper kredit (over kredit).

Melalui over kredit maka Anda akan mendapatkan dana langsung dari seorang pihak yang akan membeli kendaraan milik Anda tersebut. Kemudian nantinya untuk sisa dari leasing akan dilunasi oleh pembeli mobil.

  • Refinancing

Cara tukar tambah mobil yang masih kredit di leasing yang kedua yaitu dengan refinancing atau dana segar. Anda bisa mendapatkan dana segar dengan tidak sungguh-sungguh menjual kendaraan ke pihak lain. Tetapi Anda hanya akan mengalihkan cicilan mobil. Baca Over Kredit Mobil ke Leasing

Cara ini bertujuan agar Anda bisa mendapat pinjaman dana dari leasing baru serta mendapatkan bunga cicilan mobil yang lebih kecil dibanding sebelumnya. Perbedaan refinancing dengan over kredit adalah pada pihak yang berkaitan dan pada skema pencairan biaya.

Advertisements

Berikut merupakan langkah-langkah untuk mendapatkan dana untuk kedua skema tersebut:

  • Cari pihak yang akan membeli

Anda bisa mencari pihak pembeli dari individu seperti rekan kerja atau keluarga Anda. Kemudian tidak lupa untuk mencari pihak yang mau membeli mobil Anda sesuai dengan harga pasaran.

Biasanya pihak yang akan membeli mengetahui bahwa Anda sedang menjual mobil karena membutuhkan uang kemudian pihak tersebut akan menawar dengan harga yang jatuh. Maka dari itu carilah pihak yang mau membeli sesuai pasaran agar bisa impas dengan biaya cicilan.

  • Jelaskan kondisi mobil

Cara tukar tambah mobil yang masih kredit di leasing selanjutnya yaitu Anda jujur mengenai apa saja kendala maupun bagaimana kondisi kendaraan mobil Anda.

Jika ada komponen yang telah diganti sebaiknya juga dibicarakan. Dengan begitu, maka Anda akan terhindar dari sengketa oleh pihak pembeli akibat tidak dijelaskannya kondisi mobil.

  • Berterus terang pada leasing

Apabila akan over kredit maka harus melaksanakan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Namun, kedua pihak harus hadir untuk menandatangani dokumen agar sah. Siapkan beberapa data-data terkait dengan kedua pihak seperti KTP, NPWP, dan KK. Baca Terlambat Bayar Cicilan Mobil

Kemudian bukti cicilan yang sudah dibayar juga harus Anda bawa. Selanjutnya leasing akan mengurus proses over kredit termasuk pergantian nama dalam BPKB ketika cicilan tersebut sudah lunas.

Demikian beberapa cara tukar tambah mobil yang masih kredit di leasing yang telah dijelaskan. Semoga dengan penjelasan tersebut Anda bisa menukar tambah mobil yang Anda miliki.

Advertisements

Facebook Comments