Prosedur Pelunasan FIF Sebelum Jatuh Tempo 2018 (Pengalaman)

Prosedur Pelunasan FIF Sebelum Jatuh Tempo 2018 (Pengalaman)

PT Federal International Finance atau lebih dikenal dengan nama FIF, merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pembiayaan.

Banyak jenis pembiayaan yang ditawarkan, mulai dari kendaraan bermotor, alat rumah tangga, gadget, furniture dan lain-lain. Selain menggunakan system konvensional, FIF kini juga hadir pembiayaan berbasis syariah.

Advertisements

Kehadiran jasa FIF dalam menyediakan jasa pembiayaan, tentu memudahkan siapa saja untuk mendapatkan kendaraan bermotor dengan cara kredit atau pembayaran dengan cicilan.

Lama cicilan atau tenor kredit yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari 12 kali cicilan (1 tahun) hingga enam puluh kali cicilan (5 tahun).

Tentu saja, tidak semua pembiayaan dilunasi sesuai tepat waktu. Beberapa debitur memilih untuk mempercepat pelunasan kredit yang ada, untuk mempercepat waktu pelunasan.

Prosedur Pelunasan FIF Sebelum Jatuh Tempo (Pengalaman)

Ini Lho Prosedur Pelunasan FIF

Prosedur pelunasan FIF sebelum jatuh tempo sendiri juga berbeda dengan prosedur pelunasan FIF yang biasa.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah Anda harus memastikan bahwa jumlah uang yang telah Anda setorkan selama ini, sama dengan jumlah setoran yang tercatat dalam catatan FIF. Hal tersebut juga berguna untuk mengetahui jumlah sisa kredit yang masih Anda miliki.

Langkah kedua, bayarlah sisa hutang langsung ke kantor FIF yang terdekat dari rumah, dimana Anda tinggal. Biasanya, jika pelunasan dilakukan dengan sisa jangka waktu lebih dari delapan kali angsuran, maka Anda akan mendapatkan keringanan pembayaran berupa potongan pemmbayaran pelunasan sebesar satu kali angsuran.

Advertisements

Artinya, jika misalkan Anda akan melunasi pinjaman dengan sisa pembayaran sebanyak sepuluh kali angsuran, maka Anda cukup membayar sebanyak Sembilan kali angsuran. Baca Menghitung Pelunasan Kredit Mobil

Namun, jika jumlah sisa pembayaran kurang dari delapan kali angsuran, maka Anda harus membayarkannya sesuai dengan jumlah kekurangannya.

Langkah ketiga, setelah pembayaran selesai dilakukan, Anda harus menyimpan struk setoran. Struk setoran terakhir biasanya digunakan sebagai salah satu syarat pengambilan BPKB di FIF, sebagai bukti bahwa pembayaran telah lunas dan BPKB dapat diambil.

Prosedur pelunasan FIF sebelum jatuh tempo selanjutnya adalah pengambilan BPKB. Cukup dengan membawa struk setoran terakhir beserta KTP asli.

Jika pinjaman bukan atas nama Anda, maka Anda wajib membawa surat kuasa dan KTP asli dari nama yang tercantum dalam data FIF.

Selain itu, tidak ada biaya pinalti sebagai akibat dari percepatan pelunasan tersebut. Sebagai tambahan, Anda sebaiknya menyimpan seluruh struk pembayaran, agar jika terjadi ketidaksamaan jumlah pembayaran,Anda bisa mengajukan complain dengan bermodalkan struk pembayaran yang Anda miliki.

Atau Anda dapat melakukan pengecekan berkala, agar nantinya Anda tidak mengalami kesulitan dalam proses pengambilan BPKB. Bagaimana, mudah bukan? Baca Pelunasan Kredit Motor Adira

Prosedur yang ada tidak membuat Anda melakukan proses panjang untuk melakukan Prosedur pelunasan FIF sebelum jatuh tempo. Asalkan melakukan sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan

Advertisements

Facebook Comments