Cara Perhitungan Pelunasan Kredit Dipercepat 2018, Tahap Demi Tahapannya

Cara Perhitungan Pelunasan Kredit Dipercepat 2018, Tahap Demi Tahapannya

Pelunasan Kredit Dipercepat – Banyak nasabah yang mengajukan kredit menginginkan untuk melunasinya diawal atau melunasi semua biaya.

Biasanya bagi yang sedang memiliki uang maka akan melunasi seluruh kreditnya agar tidak menjadi beban di kemudian hari.

Advertisements

Namun, apakah Anda mengetahui bagaimana cara perhitungan pelunasan kredit dipercepat, tahap demi tahapannya? Bagi Anda nasabah bank yang ingin mempercepat pelunasan, maka Anda harus tahu sistem perhitungan pembayarannya agar Anda mengetahui setiap detail yang dilakukan.

Mengajukan pelunasan kredit dengan dipercepat terkadang tidak mudah. Anda harus melalui proses yang cukup ribet untuk dilakukan.

Cara Perhitungan Pelunasan Kredit Dipercepat, Tahap Demi Tahapannya

Perhitungan Pelunasan Kredit Dipercepat

Cara perhitungan pelunasan kredit dipercepat, tahap demi tahapannya yang perlu Anda ketahui:

Pada umumnya, bank menggunakan rumus berikut untuk menghitung pembayaran pelunasan kredit yang dipercepat.

Sisa pokok pinjaman ditambah bunga yang ditetapkan tambah penalti tambah administrasi percepatan pelunasan dan ditambah denda keterlambatan, jika ada. Apabila Anda bingung, maka simak penjelasan berikut ini: Baca Cek Angsuran Mandiri Tunas Finance

Advertisements
  • Seseorang memiliki total angsuran sebesar 100 juta
  • Dengan tenggang waktu selama 3 tahun
  • Dengan bunga yang flat 2%
  • Kemudian di bulan ke 20, seseorang tersebut ingin melunasi tagihannya karena sedang ada rezeki yang cukup banyak.
  • Maka, pihak bank akan memberi final penalti sebesar 5% dari sisa pokok pinjaman
  • Membayar biaya administrasi sebesar 100 ribu.
  • Lalu bagaimana seseorang tersebut membayar sesuai dengan perjanjian awal?. Hitung saja cicilan pokok kemudian ditambah bunga yang dikali dengan 36 bulan.
  • Maka hasilnya akan memperoleh selisih dengan melunasinya sesuai dengan tempo yang telah ditetapkan.

Pada intinya, biaya yang akan Anda keluarkan untuk melunasi seluruh cicilan diawal atau dipercepat akan lebih besar dibandingkan melunasinya sesuai jatuh tempo. Sebab melunasi cicilan dipercepat akan membuat Anda mendapat biaya administrasi beserta penalti.

Mengapa harus dikenakan biaya administrasi dan penalti? Karena Anda dianggap sudah melanggar perjanjian kredit dengan melunasi lebih awal.

Nah, setelah itu, muncul pertanyaan berapa selisih dana ketika melunasi dipercepat dengan yang sesuai jatuh tempo.

Dalam kasus seseorang di atas, seseorang itu akan memiliki selisih hanya 2,3 juta. Hal tersebut tentu akan lebih baik daripada Anda harus menanggung cicilan atau hutang.

Banyak bank yang telah melayani percepatan pelunasan kredit sesuai dengan tanggal jatuh tempo. Umumnya, orang akan membayar cicilan sesuai dengan tagihan atau tanggal jatuh tempo.

Namun siapa sangka bahwa rezeki bisa datang kapan saja. Maka dari itu segeralah melunasi tagihan kredit. Sebelum mengajukan kredit, maka Anda harus membaca petunjuk atau perjanjian terlebih dahulu sebelum ditanda tangani. Baca Call Center Mandiri Tunas Finance 24 Jam

Demikian sedikit informasi mengenai cara perhitungan pelunasan kredit dipercepat, tahap demi tahapannya. Semoga bermanfaat bagi Anda yang akan mempercepat pelunasan kredit.

Advertisements

Facebook Comments