Berikut Perhitungan Suku Bunga KPR BTN 2018

Berikut Perhitungan Suku Bunga KPR BTN 2018

Perhitungan Suku Bunga KPR BTN – Memiliki rumah, pastinya menjadi idaman banyak orang. Namun, penghasilan yang terbatas bagi seorang karyawan seringkali menjadi penghambat untuk membeli rumah secara tunai.

Sehingga keberadaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) menjadi salah satu solusi. Melihat kebutuhan pasar terkait kepemilikan rumah ini, maka Bank BTN memberikan layanan KPR untuk masyarakat.

Advertisements

Tapi yang menjadi pertanyaan, sebenarnya perhitungan suku bunganya seperti apa sih? Supaya kita jangan terjebak pada suku bunga yang mencekik saat mengajukan KPR.

Nah, Untuk Informasi lengkapnya, berikut perhitungan suku bunga KPR BTN!

Berikut Perhitungan Suku Bunga KPR BTN

Berikut Perhitungan Suku Bunga KPR BTN

Perlu Anda ketahui, bahwa KPR BTN memberikan beberapa alternatif ketika Anda hendak mengajukan KPR, yaitu alternatif untuk mengajukan KPR rumah bersubsidi dan rumah tanpa subsidi. Untuk proses pengajuan rumah bersubsidi tentunya ada syarat serta ketentuannya tersendiri.

Dan untuk suku bunganya sendiri, KPR BTN memberikan pilihan, yaitu suku bunga flat  dan suku bunga anuitas. Untuk suku bunga yang flat sendiri sebesar 5 % per tahun dengan uang muka sebesar 1% per tahun.

Jadi semisal Anda membayar cicilan kredit Rp 2 juta per bulan maka setiap bulan hingga seterusnya Anda akan membayar dengan nominal yang sama, hingga cicilan KPR berakhir. Baca Saldo Minimal Bank BTN Tabungan

Advertisements

Berikut Perhitungan Suku Bunga KPR BTN untuk Rumah Bersubsidi dengan suku bunga flat

Jumlah pinjaman pokok: Rp 240.000.000

Bunga per tahun: 5%

Tenor pinjaman: 120 bulan

Dengan data di atas, maka kita bisa melakukan perhitungan besar angsuran per bulan seperti contoh berikut

Besar cicilan pokok:

Rp 240.000.000 : 120 bulan = Rp 2.000.000/bulan

Besar bunga

(Rp 240.000.000 x 5%) : 120 bulan = Rp 100.000

Jumlah cicilan per bulan:

Rp 2.000.000 + Rp 100.000 = Rp 2.100.000/bulan

Suku Bunga KPR BTN untuk Rumah Non Subsidi

Seperti halnya rumah bersubsidi, perhitungan suku bunga rumah non subsidi KPR BTN pun terdiri dari dua jenis, yaitu suku bunga flat dan suku bunga anuitas. Baca Mengajukan Kredit Rumah Bersubsidi Lewat Bank BTN

Tapi yang membedakan antara KPR bersubsidi dan non subsidi terletak pada besarnya uang muka yang perlu dibayar di awal dan per tahun suku bunganya mencapai 8,75 % untuk yang flat.

Lalu bagaimana perhitungan suku bunga Anuitas?

Pada perhitungan suku bunga anuitas, jumlah cicilan setiap bulan pun akan bernilai sama, namun proporsi antara besarnya pinjaman pokok dan bunganya yang berubah setiap bulan.

Biasanya cicilan bunga lebih banyak dibebankan di awal-awal pembayaran, sedangkan pembebanan biaya pokok akan lebih besar diletakkan menjelang akhir-akhir pembayaran KPR. Baca Syarat Pinjaman Bank BTPN

Supaya Anda lebih jelas mengenai perhitungan suku bunga di KPR BTN ini, maka Anda bisa menghitungnya menggunakan kalkulator simulasi pengajuan KPR BTN. Caranya mudah, Anda hanya tinggal mengunjungi situs BTN Properti.

Advertisements

Facebook Comments